Silsilah
Syeikh Abdul Ahad, bin dari Zainal Abidin, bin dari Abdul Hayy, bin dari Muuhammad, bin dari Habibulloh, bin dari Rafiudin, bin dari Nur, bin dari Sulaiman, bin dari Yusuf, bin dari Abdulloh, bin dari Ishaq, bin dari abdulloh, bin dari Shuayb, bin dari Ahad, bin dari Yusuf , bin dari Shihabudin, bin dari Nasrudin, bin dari Mahmud, bin dari Sulayman, bin dari Mas’ud, bin dari Abdulloh al-Waiz al-Saghori, bin dari Abdulloh, bin dari abdul Fatah, bin dari Ishaq, bin dari Ibrahim, bin dari Nasir, bin dari Abdulloh, bin dari Amirul Muminin, kholifah Nabi Umar al-Faruq RA.
Ia lahir di hari Asyura, 10 Muharam 971H/1564M, di sebuah desa bernama Sihar Nidbasin, daerah itu disebut juga Sirhindi atau Lahore , sekarang di Pakistan. Beliau menerima pengetahuan dan pendidikan dari ayahnya dan melalui para Syeikh di zamannya. Beliau menguasai dengan cepat tiga Jalan spiritual: Suhrowardi, Chisti, dan Qodiri. Beliau diizinkan untuk mulai membimbing pengikut dari ketiga Jalan tersebut pada usia 17 tahun. Beliau sangat aktif dalam menyebarkan ajaran dari ketiga Jalan tersebut dan membimbing pengikutnya, tetapi tetap beliau merasakan ada sesuatu yang hilang di dalam dirinya dan beliau melakukan pencarian tanpa henti untuk itu. Beliau tertarik dengan Jalan Naqshbandi, karena beliau dapat melihat dengan pengetahuan dari ketiga Jalan yang beliau kuasai bahwa Naqshbandi adalah jalan yang paling tinggi. Di dalam proses pencarian spritual ini akhirnya membawa beliau kehadapan Qutub Spritual di zamannya, Syeikh Muhammad al-Baqi, yang dikirim dari Samarqand ke India oleh Syeikh beliau Syeikh Muhammad al-Amkanaqi. Beliau mempelajari ajaran Naqshbandi dari syeikh Muhammad Baqi dan tinggal bersama selama dua bulan atau terkadang beberapa hari, hingga tiba saatnya Shaykh Muhammad al-Baqi membukakan hatinya, dan mengisinya dengan ajaran yang tersembunyi dari jalan ini dan memberi izin untuk membimbing murid-muridnya di Jalan ini. Syeikh Muhammad al-Baqi berkata tentang diri beliau Dia adalah kutub spiritual tertinggi.
Pujian Ulama Terhadapnya
Syeikh Mir Husamudin berkata: "Aku melihat Rosul SAW dalam mimpiku berdiri di mimbar dan memuji Syeikh Ahmad Sirhindi. Rosululloh SAW berkata.Aku bangga dan bahagia dengan hadirnya dia di umatku. Tuhan telah menciptakan dia menjadi seorang pembangkit agama. Para aulia telah memprediksi kemunculan beliau, salah satunya adalah syeikh Ahmad al Jami, yang berkata: Setelah aku akan muncul 17 pria dari hamba Alloh, semuanya bernama Ahmad, dan yang terakhir dari mereka akan menjadi kepala dari milenium.
Dia akan menempati posisi puncak di antara mereka, dia akan menerima pengetahuan yang tersembunyi, dia akan membangkitkan agama. Prediksi lainnya adalah dari Syeikh Muhammad al-Amkanaqi, yang berkata kepada khalifahnya: Seorang dari India akan muncul. Dia akan menjadi Imam di abadnya, dia akan engkau latih, segera temui dia, karena para hamba Alloh telah menanti kedatangannya. Muhammad al-Baqi berkata, Itu sebabnya aku pindah dari Bukhoro (rusia) ke India
ketika mereka bertemu, beliau berkata kepada Syeikh Ahmad al-Faruqi:
Engkau adalah yang dimaksud oleh Syeikh al-Amkanaqi. Ketika aku melihat engkau, aku tahu engkau adalah qutub spiritual di waktumu. Ketika aku memasuki daerah Sirhindi di India, aku menemukan lampu yang sangat besar dan sangat terang hingga cahayanya menggapai Surga. Semua orang mengambil cahaya dari cahaya itu, engkau adalah lampu itu. Juga dikatakan oleh syeikh dari ayahnya, syeikh Abdul Ahad, yang saat itu adalah syeikh dari Qodiri, bahwa beliau pernah diberikan sebuah jubah dari syeikhnya sebelumnya yang mewarisi dari pembimbing Agung, syeikh Abdul Qodir Jailani.
Beliau berkata kepada penerusnya:
Simpanlah jubah ini untuk seseorang yang akan muncul di akhir milenium pertama.
Namanya Ahmad, dia akan membangkitkan agama, aku telah menghiasi dia
dengan seluruh rahasiaku.
Dia akan mengkombinasikan di dalam dirinya pengetahuan internal dan eksternal.
Pencarian sang Raja dan Raja pencari
Pandangan dan Pendakian Spiritua
Syeikh Ahmad al Faruqi berkata: "Untuk engkau ketahui bahwa sesungguhnya para penjaga Surgawi menarik perhatian diriku karena mereka ingin aku tertarik kepada mereka. Mereka mempersiapkan diriku dalam perjalanan menembus ruang dan waktu di berbagai tingkatan dari para pencari. Aku menemukan bahwa Tuhan adalah esensi dari semua materi, sebagaimana orang-orang sufi telah menyatakannya. Kemudian aku menemukan Tuhan di dalam setiap materi tanpa adanya inkarnasi. Aku menemukan Tuhan bersama semua materi, aku melihat Tuhan di atas segalanya. Kemudian aku melihat Tuhan dan aku tidak melihat ada yang lain. Ini adalah maksud dari kesaksian atas ke Esa an ,yang juga merupakan tingkatan nihil (non eksistensi/fana). Ini adalah tingkat pertama dalam kewalian, dan merupakan tingkatan tertinggi di permulaan Jalan ini. Panorama ini muncul pertama di horison, kemudian di dalam diriku. Kemudian aku diangkat ke tingkat kekekalan (eksistensi/baqa), ini adalah tingkat ke dua dalam kewalian. Ini adalah level dimana para wali banyak yang tidak membicarakannya karena mereka tidak menggapainya.
Mereka semua berbicara tentang level nihil (non eksistensi/fana), tetapi setelah tingkatan ini adalah level kekekalan (eksistensi/baqa). Di level ini aku menemukan esensi dari semua ciptaan adalah Tuhan dan esensi dari Tuhan adalah esensi dari diriku. Aku menemukan Tuhan disemua bentuk tetapi dalam realitasnya di dalam diriku. Aku diangkat ke tingkat yang lebih tinggi, untuk menemukan bahwa Tuhan bersama dengan semua ciptaan, tetapi dalam realitasnya Dia dengan diriku. Kemudian aku diangkat untuk melihat bahwa Dia mendahului segalanya, tetapi sesungguhnya Dia mendahului diriku.
Aku kemudian diangkat lagi ke tingkatan bahwa Tuhan mengikuti segalanya, tetapi dalam realitas Dia mengikuti aku. Aku melihat Dia di dalam semua ciptaan namun realitasnya Dia di dalam diriku. Kemudian aku melihat semua ciptaan dan aku tidak melihat Tuhan dan ini adalah akhir dari semua tingkatan kewalian dimana mereka membawa aku kembali ke permulaan. Kesimpulannya, mereka mengangkat diriku ke level nihil (non eksistensi/fana), kemudian ke level kekekalan (eksistensi/baqa), kemudian mereka membawaku kembali ke level umum (awam) ini adalah level tertinggi dalam membimbing umat ke hadirat Ilahi. Ini adalah tingkat sempurna dalam bimbingan, karena cocok dengan tingkat pemahaman manusia. Aku telah menemani hari ini seseorang yang telah menggapai akhir dari akhir,
qutub spiritual dari semua ciptaan, manusia yang sempurna, syeikh Muhammad al-Baqi.
Melalui diri beliau aku menerima berkah luar biasa, dengan berkahnya aku dianugerahi
kekuatan untuk menarik perhatian yang mengijinkan aku untuk menyentuh semua manusia
yang telah Tuhan ciptakan. Aku telah diberikan kehormatan untuk mencapai suatu tingkat yang mengkombinasi tingkatan akhir dan tingkatan awal. Aku telah mencapai semua tingkat dari para pencari dan aku telah mencapai akhir, ini adalah makna dari mencari nama dari Ar-Robb (Yang Maha Mendukung)
dengan dukungan dari singa Alloh (Asadulloh), Ali Bin Abi Tholib RA, semoga Alloh SWT memberkahi wajahnya. Aku diangkat ke tingkat Singgasana Ilahi, ini adalah tingkatan Realitas dari Kebenaran Muhammad SAW. Dengan dukungan Syeikh Bahauddin Naqshbandi, kemudian aku diangkat lebih tinggi lagi , ke tingkat keindahan, ini adalah level kebenaran (haqiqi) dari qutub spiritual Muhammad SAW, dengan dukungan ruh Nabi yang suci. Aku didukung oleh Syeikh Alauddin Al Attar, dari beliau aku menerima tingkatan dari qutub spritual terbesar dari Hadirat Muhammad SAW. Kemudian perhatian surgawi dari Alloh SWT menarik diriku, kemudian aku mendaki menuju sebuah tingkatan yang jauh sebelum qutub spiritual spesial, dan tingkatan keaslian. Di sini dukungan dari pemberi syafaat Agung , Syeikh Abdul Qodir Jailani, mendorong aku ke tingkatan keaslian dari yang asli. Kemudian aku diperintahkan untuk kembali ke bawah, selama dalam perjalanan menurun, aku melewati semua 39 Jalan spiritual yang berbeda dari Naqshbandi dan Qodiri. Aku melihat tingkatan semua Syeikh dari Jalan tersebut, mereka menyambut dan memberi penghormatan kepadaku. Mereka kemudian memberikan kepadaku semua perbendaharaan dan pengetahuan mereka yang berharga, yang menyebabkan terbukanya tabir dari realitas yang belum pernah sebelumnya diungkapkan kepada orang lain di zamanku.
Kemudian dalam perjalanan kembali, aku bertemu Nabi Khidir AS, beliau menghiasai diriku dengan pengetahuan surgawi sebelum aku mencapai tingkat qutub spiritual. Aku mendaki di berbagai waktu, suatu saat aku mendaki di atas singgasana Ilahi. Aku diangkat sejauh jarak yang sama dengan antara singgasana Ilahi dengan bumi. Di sana aku melihat tempat Shah Naqshbandi. kemudian aku melihat di bawah tempat beliau yaitu tempat dari berbagai Syeikh. Aku melihat di atas beliau tempat imam dari keluarga Rosul SAW dan para kholifah yang adil. Aku melihat tempat para Nabi di satu sisi dan di sisi lainnya Nabi kita Muhammad SAW. Aku melihat semua malaikat mengelilingi mereka, pendakian seperti ini sering terjadi pada diriku.
Perjalanan Hidupnya
Ahmad al- Faruqi berkata: "Dalam suatu panorama spiritual, Rosul SAW memberikan kabar baik kepadaku; engkau akan menjadi pewaris spiritual dan Alloh akan memberikan otoritas untuk memberi syafaat atas ratusan ribu orang pada saat hari kiamat nanti. Beliau meletakkan tangannya yang mulia pada diriku dan memberikan otoritas untuk membimbing umat, dan beliau berkata kepada ku, belum pernah sebelumnya aku memberikan otoritas untuk membimbing umat. Pengetahuan yang muncul dariku berasal dari level kewalian, aku menerimanya dari cahaya Nabi Muhammad SAW. Para wali biasa tidak mampu mengemban pengetahuan seperti ini, karena ini di luar pengetahuan para wali. Ini adalah esensi dari pengetahuan agama dan esensi dari pengetahuan tentang esensi Tuhan dan atributnya. Tidak seorangpun sebelumnya membicarakan hal ini dan Tuhan telah menganugerahi aku untuk menjadi pembangkit agama di milenium ke dua ini. Alloh SWT telah mengungkapkan kepadaku rahasia-rahasia dari ke Esa an yang mutlak, Dia mencampurkan ke dalam hatiku berbagai macam pengetahuan spiritual dan penjelasannya. Dia mengungkapkan kepadaku rahasia-rahasia dari ayat-ayat al-Quran sehingga dari setiap huruf aku dapat menemukan samudera pengetahuan yang mengarah kepada Zat Tuhan yang Maha Tinggi, Maha Kuasa dan Agung. Jika saja aku mengeluarkan makna dari satu kata al-Quran, maka orang-orang akan memenggal leherku, seperti yang telah mereka lakukan kepada al Hallaj dan Ibnu Arobi. Ini adalah maksud dari hadist dari Rosululloh SAW, di dalam Bukhori, dinarasikan oleh Abu Hurairoh RA, Nabi SAW telah mencampurkan ke dalam hatiku dua macam pengetahuan , satu untuk aku sampaikan kepada lainnya, dan yang yang satu lagi jika aku keluarkan maka mereka akan memenggal leherku. Alloh Yang Maha Kuasa dan Agung, telah menunjukan kepadaku semua nama yang akan memasuki Jalan kami ini, dari zaman Abu Bakar As Shidiq hingga hari kiamat nanti, baik laki-laki atau perempuan, semuanya akan memasuki Surga, dengan perantaran syafaat dari para Syeikh di Jalan ini. Al Mahdi AS akan menjadi salah satu pengikut Jalan ini.
Karomah
Salah satu Syeikh besar menulis surat kepada beliau, adakah para Sahabat menerima pengetahuan seperti tingkat yang engkau telah capai dan bicarakan? jika begitu, adakah mereka menerimanya langsung pada saat yang sama atau di berbagai waktu terpisah?.
Ahmad Al-Faruqi menjawab, Aku tidak bisa memberikan sebuah jawaban sekarang kecuali engkau bersedia datang ke tempatku. Ketika Syeikh itu datang, seketika itu juga beliau membuka hijab hakikat spiritual kepada Syeikh tersebut dan membersihkan kegelapan dari hatinya hingga Syeikh tersebut jatuh bersimpuh di dekat kaki beliau dan berkata, Aku percaya, aku percaya! Aku bisa melihat sekarang bahwa para Sahabat menerimanya hanya dengan melihat Rosululloh SAW. Suatu saat Ahmad al-Faruqi diundang di bulan puasa, Romadhon, oleh sepuluh muridnya untuk berbuka bersama dengan mereka. Beliau menerima semua undangan tersebut, ketika saat buka puasa bersama tiba, beliau hadir di setiap rumah muridnya, berbuka bersama dan mereka semua melihat beliau di waktu yang sama. Beliau melihat ke langit dan saat itu hujan, beliau berkata,wahai hujan, berhentilah dari jam ini hingga ke jam ini, hujan berhenti tepat sesuai dengan waktu yang beliau katakan dan setelah itu hujan turun kembali.
Shaykh Ahmad al Faruqi berkata:
Aku telah bertemu secara spiritual dengan Imam Abu Hanifa, seluruh guru, dan seluruh muridnya. Aku belajar dari Imam Abu Hanifa dan mereka tentang mazhab Hanafi, dan aku telah bertemu dengan Imam Syafi’i, seluruh guru dan muridnya, dan aku telah mempelajari dari mereka mazhab syafi’i, aku menjadi ahli di kedua mazhab tersebut dan aku bisa memberikan penilaian dari dua mazhab tersebut. Aku diberi wewenang untuk melakukan inisiasi dalam tiga Jalan Sufi: Naqshbandi, Suhrowardi dan Chisti.
Beliau sangat terkenal sebagai cendikiawan, sehingga membuat ulama berpengetahuan eksternal (ulama fiqih) di zamannya menjadi cemburu. Mereka mengadu kepada raja dan mengatakan dia telah mengatakan sesuatu yang tidak ada di dalam agama, mereka memaksa Raja untuk memenjarakannya.
Beliau dipenjara selama tiga tahun. Putra beliau, syeikh Sayyid berkata, beliau berada dalam penjagaan yang ketat. Penjaga berkeliling setiap saat di setiap sudut ruangan, tetap saja setiap Jumat beliau
terlihat di mesjid besar. Meski penjagaan semakin diperketat, beliau selalu menghilang dan muncul di mesjid akhirnya mereka memahami bahwa mereka tidak bisa memenjarakannya dan melepaskannya.
Karya
Syeikh Ahmad faruqi menulis banyak buku, salah satunya yang terkenal adalah Maktubat di dalamnya beliau menulis:
Untuk diketahui bahwa sesungguhnya Alloh SWT telah meletakan kepada kita kewajiban dan larangan-Nya.
Alloh berfirman: Apapun yang Rosululloh berikan kepadamu, ambilah, dan apapun yang beliau tahan darimu, tinggalkanlah (59,7). Jika kita ingin jujur dalam hal ini, berarti kita harus menggapai tingkatan non eksistensi dan kecintaan kepada Dzat Tuhan. Tanpa ini kita tidak akan mencapai tingkat kepatuhan, sebab itu kita dibawah kewajiban lainnya, yaitu mencari Jalan Sufisme, karena Jalan ini akan membimbing kita menuju tingkatan non eksistensi dan kecintaan kepada Dzat Tuhan. Setiap Jalan mempunyai cara yang berbeda dalam soal kesempurnaan, tetap saja setiap Jalan mengajarkan untuk selalu menjaga sunnah dari Nabi Muhammad SAW dan mempunyai definisi sendiri tentang itu. Jalan kita melalui para syeikhnya, membutuhkan kita untuk menjaga seluruh sunnah dari Nabi Muhammad SAW dan meninggalkan hal-hal yang dilarang. Para Syeikh kita tidak mengikuti jalan yang mudah melainkan bertahan untuk melalui jalan yang sulit. Di dalam setiap pencarian, mereka selalu menjaga arti dari ayat yaitu orang yang tidak lalai mengingat Tuhan walaupun sedang berniaga atau jual beli (24,37) Di dalam perjalanan untuk mengungkapkan Tabir Hakikat Ilahi, para pencari bergerak melalui beragam tingkat pengetahuan dan kedekatan kepada Tuhan. Bergerak menuju Alloh adalah perpindahan secara vertikal dari tingkatan yang rendah menuju tingkatan yang tinggi hingga pergerakan itu melewati batas ruang dan waktu dan semua tingkat bercampur menjadi yang disebut Pengetahuan yang dibutuhkan dari Tuhan ini juga disebut non eksistensi (fana). Bergerak di dalam Alloh, adalah tingkat di mana para pencari bergerak dari tingkatan Nama dan Atribut Ilahi menuju tingkat yang sulit untuk dideskripsikan dengan tanda dan kata. Ini adalah tingkat dari Kekekalan di dalam Alloh SWT (baqa) Bergerak dari Alloh, adalah tingkat dimana para pencari kembali dari kehidupan surgawi menuju kehidupan sebab dan akibat, berjalan menurun dari pengetahuan yang tertinggi menuju tempat terendah. Di sini seorang pencari akan melupakan Alloh dengan Alloh dan dia mengetahui Alloh dengan Alloh dan dia akan kembali dari Alloh menuju Alloh. Ini disebut tingkatan terjauh dan terdekat. Bergerak di dalam materi adalah bergerak bersama seluruh ciptaan. Ini menambah pengetahuan mengenai kedekatan seluruh elemen dan tingkatan di dunia ini setelah musnah di tingkat nihil (non eksistensi/fana). Di sini para pencari bisa meraih tingkatan bimbingan, dan ini adalah tingkatan para Nabi dan orang-orang yang mengikuti jejak dari Nabi Muhammad SAW. Ini membawa pengetahuan Ilahi ke dalam dunia seluruh ciptaan untuk menegakkan bimbingan. Seluruh proses ini seperti memasukan benang ke jarum. Benang mencari mata jarum, melewati dan balik kembali ke titik awal, dan akhirnya bertemu dua ujungnya, membentuk simpul dan membuat benang tidak terlepas. Semuanya membentuk secara keseluruhan, benang, mata, dan jarum dan setiap bahan yang dijahit menjadi bentuk yang menyatu. Para Syeikh Naqshbandi memilih untuk membimbing para muridnya, pertama melalui pergerakan dari Alloh, berjalan dari tempat tertinggi menuju tempat terendah. Ini berguna untuk menjaga terungkapnya hijab panorama spiritual dari para murid, baru kemudian melepaskan hijab tersebut pada langkah terakhir. Jalan Spiritual yang lain memulai dari perjalanan menuju Alloh, bergerak dari tempat terendah menuju tempat tertinggi, serta melepaskan hijab panorama spiritual pada langkah pertama. Telah disebutkan di dalam hadist dari Nabi Muhammad SAW, Para ulama adalah pewaris dari para Nabi. Pengetahuan para Nabi ada dua macam: pengetahuan tentang hukum-hukum dan pengetahuan rahasia. Para ulama tidak bisa disebut pewaris jika dia tidak mewarisi kedua pengetahuan tersebut. Jika dia hanya menguasai satu macam pengetahuan, maka dia tidak komplit. Pewaris sejati sesungguhnya adalah yang menguasai pengetahuan dari hukum-hukum dan pengetahuan rahasia dari para Nabi, dan hanya para Wali yang menerima
dan dilindungi warisannya. Syeikh Ahmad al-Faruqi meninggalkan banyak buku. Beliau meninggal pada tanggal 17 Safar 1034H/1624M, pada usia 63 tahun. Beliau dikuburkan di desa Sirhindi, beliau adalah syeikh dari empat jalan sufi: Naqshbandi, Qodiri, Chisti dan Suhrowardi. Beliau lebih memilih Naqshbandi, karena beliau berkata Naqshbandi adalah ibu dari semua jalan sufi beliau memberikan rahasia dari mata rantai emas (Golden Chain) kepada Syeikh Muhammad Ma’sum.
Sumber:
sufibetawi.com
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment